LKTI BEM EKONOMI UNWAR SABTU; 10 FEBRUARI 2018

27/02/2018


LKTI BEM Fakultas Ekonomi dibuka oleh Rektor Uniuversitas Warmadewa.

Dalam pembukaan Rektor mengatakan

Pendidikan pada hakekatnya berfungsi mengembangkan kernampuan dan meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia dalam rangka mewujudkan tujuan nasional. Sedangkan Pendidikan Nasional dimaksud untuk menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan dorongan untuk selalu menambah ketrampilan dan pengalaman sehingga terwujud manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju tangguh, cerdas, kreatif, terampil memiliki disiplin dan kesadaran serta rasa tangguh jawab sebagai warga Negara dan bangsa yang beretos kerja tinggi, profesional, berwawasan keunggulan dan kewirausahaan, mampu memanfaatkan dan mengembangkan ilmu penegetahuan dan teknologi.

Pendidikan nasional harus menumbuhkan sikap patriot dan mempertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat kebangsaan dan kesetiakawanan sosial serta kesadaran pada sejarah bangsa dan sikap menghargi jasa pahlawan serta berorientasi masa depan.

Untuk dapat menghasilkan manusia dengan karakteristik seperti itu, maka para mahasiswa di perguruan tinggi perlu memiliki kompetensi di bidang penalaran ilmiah, bersikap kritis, serta memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan pemikiran-pemikiran mereka secara ilmiah. Berkaitan dengan hal tersebut dipandang perlu menyelenggarakan program kegiatan yang dapat melatih dan meningkatkan kemampuan sikap ilmiah bagi mahasiswa di berbagai Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta.

Pendidikan tinggi merupakan lembaga yang menghasilkan lulusan yang mempunyai sikap kecendekiawanan. Sikap tersebut meliputi sikap sebagai penemu, pemadu, penerap, serta sebagai pengembang IPTEKS. Untuk itu, mahasiswa yang merupakan salah satu kelompok masyarakat ilmiah harus mempunyai ciri kehidupan akademis yang dinamis. Kedinamisan hidup mahasiswa terefleksi dalam perilaku dan pola pikir yang kritis, kreatif, inovatif, serta produktif terhadap fenomena kehidupan kampus dan lingkungan di sekitarnya. Perilaku dan pola pikir tersebut diapresiasikan dalam bentuk kegiatan ilmiah, sehingga kegiatan itu perlu untuk dibina, dikembangkan, serta dilejitkan agar mahasiswa mempunyai potensi akademik yang unggul dan handal sehingga mampu dan siap untuk berkompetisi di masyarakat.

Kualitas kegiatan ilmiah mahasiswa harus ditingkatan secara optimal dan terus-menerus sehingga perlu memperoleh dukungan dari berbagai pihak. Berdasarkan hal ini, upaya dan langkah nyata dalam bentuk pengayaan wawasan ilmiah, kontinyuitas pembinaan budaya akademik, peningkatan dan pengembangan yang berkelanjutan, serta komitmen berkarya dan berprestasi ilmiah perlu disadari dan dilakukan oleh semua pihak, khususnya mereka yang memang mempunyai jiwa dan ruh keilmuwan.

Dalam rangka peningkatan kualitas mahasiswa dalam bidang penalaran serta berkaitan dengan”Potensi Generasi Muda dalam Mendukung Industri Kreatif untuk Meningkatkan Perekonomian yang Maju Melalui Interpreneurship” saya sangat apresiasi Pengurus BEM Fakultas Ekonomi, menyelenggarakan LKTI Mahasiswa.

Kegiatan LKTI Mahasiswa ini, kami harapkan dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif dan inovatif mahasiswa dalam bentuk tulisan ilmiah. Gagasan-gagasan kreatif dan inovatif mahasiswa dalam bentuk tulisan ilmiah yang menunjang pembangunan daerah maupun pembangunan nasional menuju peningkatan daya saing bangsa, diharapkan mampu:

  1. Mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menulis

          karya ilmiah dan mempresentasikan karya ilmiah.

  1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk

          menyampaikan ide atau gagasan terhadap permasalahan

          sesuai dengan kompetensinya.

  1. Meningkatkan kepekaan dan kontribusi pemikiran kritis dan

          inovatif.

Sebagai Pimpinan Universitas Rektor mengharapkan  LKTI Mahasiswa yang dilaksanakan :

-         dapat memberikan tantangan bagi mahasiswa untuk mengaktualisasi potensinya dalam penulisan karya ilmiah (konseptual), maupun kreatifitasnya (konsep dan aktualnya sesuai konsep)

-         Memotovasi mahasiswa agar mampu menyampaikan aspirasi dan pendapat mereka tentang isu-isu strategis bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek)

-         Mengembangkan kemampuan dan ketrampilan untuk dapat menuangkan ide-ide dan buah pikirannya serta mengkonsumsinya secara ilmiah

-         Mendorong kepekaan dan daya kritis terhadap masalah isu-isu strategis boidang pendidikan, social, dan IPTEK, sehingga mahasiswa dapat berperan aktif melalui pemikiran-pemikiran ilmiah

-         Mengembangkan potensi khusus untuk berkreativitas melalui hasil inovasi yang bermanfaat dimasyarakat khususnya dibidang IPTEK

-         Mendorong inspirasi mahasiswa untuk melakuklan inovasi-inovasi dibidang IPTEK.