FEB Unwar Gelar PKM Internasional di Desa Siangan
Kamis , 17 2022 Posting Oleh : Admin

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)  Internasion yang kali ini menyasar Desa Siangan, Kabupaten Gianyar pada Kamis (17/11/22).

 

Kegiatan yang mengusung tema "Development of Subak Ecotourism in an Effort to Empower Local Communites in Siangan Village" ini merupakan salah satu rangkaian Badan Kekeluargaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BKFEB) Universitas Warmadewa yang menghadirkan narasumber Dr. Modh Raziff Jamaluddin dari Malaysia dan Dr. I Made Sara,.SE.,M.P., (Dekan FEB Unwar).

 

Perbekel Desa Siangan, I Ketut Berata, S.AP., memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dipilihnya Desa Siangan sebagai tempat pengabdian masyarakat FEB Unwar. Tentunya dari pengabdian ini dikatakan akan sangat bermanfaat dan berdaya guna untuk mempercepat kemajuan desa Siangan khususnya. Lebih lanjut Berata mengatakan, Desa Siangan memiliki potensi pertanian yang akan didorong sebagai penunjang desa wisata. Ia sangat berharal dengan kehadiran FEB Unwar ini mampu mendorong desa Siangan ke arah Desa Pariwisata, karena pariwisata menjadi idaman masyarakat di sini untuk kemajuan dari pembangunan di Desa Siangan.

 

Dekan FEB Unwar, Dr. I Made Sara,.SE.,M.P mengatakan bahwa pengabdian kali ini mengambil topik subak sebavai icon dunia perlu mendapatkan perhatian kembali. Terkait dipilihnya Desa Siangan merupakan komitmen untuk menjadikan desa binaan oleh FEB Unwar. Desa Siangan dikatakan memiliki potensi yang akan di bina oleh FEB Unwar dengan mencoba paling tidak menjelaskan potensi tersebut bisa menjadi sumber untuk perkembangan Desa Siangan itu sendiri. Ia menyampaikan bahwa salah satu potensi di Desa Siangan adalah subak, yang mana sistem pengairan pertanian di Bali sangat dibutuhkan karena pertanian tidak bisa terlepas dari subak itu sendiri. Manajemen pengaturan air sudah menjadi tantangan bagi masyarakat terutama petani karena jika tidak mengetahui tugas dan fungsi subak ini maka di situ akan terjadi kesalahpahaman.

 

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si. Ia mengatakan bahwa Desa Siangan sangat pantas untuk dijadikan tempat pengabdian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unwar. Hal itu bisa terlihat dari predikat Desa Siangan yang luar biasa, yakni desa ini adalah pemilik 20% Bupda di Bali.  Kegiatan PKM ini tentunya dikatakan sangat bermanfaat bagi masyarakat di desa Siangan. Ia berharap kegiatan PKM ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan dan tuntas sehingga desa-desa yang menjadi objek PKM dapat mewarisi nilai-nilai ke-Warmadewaan serta mampu memberikan kontribusi bagi keberlanjutan kehidupan masyarakat di desa.