Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unwar Raih Akreditasi Unggul
Senin , 16 Januari 2023 Posting Oleh : Admin

Keluarga Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa (FEB Unwar) kini tengah berbahagia.


Pasalnya, salah satu program studi (Prodi) yang dikembangkan, yaitu Prodi Manajemen pada Program Sarjana (S1) berhasil meraih akreditasi dengan peringkat Unggul dari Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA).
Akreditasi berdasarkan Keputusan LAMEMBA No. 123/DE/A.5/AR.10/X11/2022 berlaku sejak 29 Desember 2022 sampai dengan 29 Desember 2027.
Dekan FEB Unwar, Dr. Made Sara, SE.,MP., didampingi Para Wakil Dekan dan Kaprodi S1 Manajemen, mengatakan akreditasi Unggul Prodi S1 Manajemen FEB Unwar diraih dengan penuh tantangan dan perjuangan.
Namun, berkat kerja keras dan dukungan dari semua pihak, baik dari Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Rektorat Unwar, civitas akademika FEB Unwar dan Prodi S1 Manajemen, maupun stakeholder terkait akhirnya akreditasi Unggul untuk Prodi S1 Manajemen bisa diraih sesuai dengan harapan bersama.
Dengan raihan akreditasi Unggul ini akan lebih meyakinkan masyarakat bahwa FEB Unwar khususnya Prodi S1 Manajemen mampu bertanggungjawab mencetak SDM yang unggul dan bersaing secara kompetitif di era globalisasi saat ini.

Apalagi, dikatakan bahwa para dosen FEB Unwar kini tengah berpacu meningkatkan kualifikasi pendidikannya ke jenjang S2 dan S3. Bahkan, dosen yang sudah bergelar Doktor (S3) didorong untuk menjadi Guru Besar (Profesor). Dengan demikian, 2 Prodi lainnya (S1 Akuntansi dan S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan) bisa segera meraih akreditasi Unggul pada tahun 2024.
Apalagi, seluruh Prodi yang ada di Unwar ditargetkan seluruhnya terakreditasi Unggul hingga tahun 2034.
"Dengan akreditasi Unggul akan menjadi suatu pertaruhan bagi para lulusan, mereka akan lebih dipercaya oleh instansi tempat di mana mereka mencari kerja, di samping juga wawasan dan ilmu pengetahuan yang mereka telah dapatkan selama belajar di FEB Unwar," ujar Made Sara, Senin (9/1).
Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK., mengaku bersyukur, bangga dan mengapresiasi atas raihan akreditasi Unggul Prodi S1 Manajemen FEB Unwar.
Sehingga, saat ini ada 2 Prodi (Prodi S2 Ilmu Linguistik dan Prodi S1 Manajemen) dengan akreditasi Unggul yang dimiliki FEB Unwar.
la berharap tahun ini Prodi S2 Kenotariatan bisa meraih akreditasi Unggul. Sehingga, paling tidak tahun 2025 Unwar bisa meraih kualifikasi institusi Unggul.

Dengan demikian, Unwar akan menjadi institusi pendidikan tinggi swasta unggul nomor 3 secara nasional.
"Mudah-mudahan ini menjadi model bagi Prodi-prodi lainnya agar benar-benar `jengahpetik dan bersemangat untuk mencapai unggul.
Apalagi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa juga akan segera terakreditasi Unggul, karena saat ini sudah terakreditasi A, tinggal dikonvensi menjadi Unggul," tandasnya.
Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengatakan raihan akreditasi Unggul Prodi S1 Manajemen FEB Unwar akan menjadi tanggungjawab yang harus diemban oleh seluruh civitas akademiki, khususnya di FEB Unwar.
Sebab, akreditasi Unggul adalah sebuah prestasi yang dibarengi dengan upaya-upaya peningkatan kualitas SDM, sarana prasarana, dan layanan kepada mahasiswa.
Begitu juga peningkatan kinerja dibidang Tri Dharma Perguruan Tinggi wajib dilakukan. Diharapkan, apa yang diraih oleh Prodi S1 Manajemen bisa menjadi vibrasi positif bagi Prodi-prodi lainnya di lingkungan Unwar untuk mencapai akreditasi Unggul.
Sehingga, sesuai dengan visi Unwar dan spirit Sapta Bayu, yaitu selalu unggul dalam berkarya.