STUDIUM GENERAL FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
Senin , 29 2021 Posting Oleh : admin

Denapsar, Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa menyelenggarakan Studium Generale Luca Paciolli XXXII (via zoom) yang dilaksanakan di Gedung Gunapriya Dharmapatni Mandapa pada tanggal Sabtu 27 Nopember 2021. Kali ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa mengusung tema “Performa Akuntansi Terhadap Perekonomian Di Tengah Pandemi Guna Meningkatkan Semangat Perekonomian Masyarakat” dengan mengundang para narasumber Edward Tanujaya, CA.,ACMA.,CGMA, yang merupakan senior yang sudah bergabung di Pusat Direktur Pelayanan Keanggotaan Mitra IAI, Dr. I Nyoman Darmayasa, CPA, yang merupakan Koordinator Institut Akuntansi Indonesia wilayah Bali dan Nusa Tengga, Dr. Partiwi Dwi Astuti., SE.,MSi, Ak, CA. selaku Unit Penjaminan Mutu Fakultas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa.

Acara dihadiri Wakil Dekan I, II, III, Ketua dan Sekretaris dilingkungan FEB Unwar Para Ketua Lab dilingkungan FEB Unwar , serta dosen Jurusan Akuntansi FEB Unwar.
Seminar ini diikitu oleh mahasiswa yang ada di Jurusan Akuntansi FEB Unwar, dengan menghadirkan 3 narasumber, dengan moderator dosen FEB Unwar Kadek Goldina Puteri Dewi, S.Ak.,M.Ak.

Ketua Panitia Dewa Gede Eka Diardana mengatakan tujuan diadakan kegiatan ini yaitu memberikan pengetahuan kepada mahasiswa baru jurusan akuntansi mengenal lingkungan kampus Universitas Warmadewa, serta memberikan pengetahuan tentang performa akuntan terhadap perekonomian di tengah pandemi guna meningkatkan semangat perekonomian masyarakat.

I Made Setena, SE.,M.Agb selaku Wakil Dekan I mewakili Bapak Dekan FEB yang berhalangan Hadir dalam sambutannya menyampaikan sesuai dengan tema yang diusung dalam Stadium Generale mengatakan bahwa peran akuntansi sebagai pendorong akuntanbilitas dalam rangka pengelolaan sumber daya ekonomi yang lebih baik, kontribusi profesi ini juga makin penting bagi perkembangan pasar modal global, pengelolaan keuangan public yang efektif, perbaikan pelayanan public hingga peningkatan kemakmuran ekonomi Negara. Akuntansi professional juga berperan dalam menentukan masa depan perekonomian bangsa, karena mereka mampu meminimalkan resiko ekonomi yang bterjadi akibat inefesinsi ekonomi yang disebabkan ketiadaan transparasi dan minimnya akuntanbilitas. Akuntansi ini dapat mengetahui segala macam data terkait informasi keuangan sehingga berdasarkan informasi keuangan inilah pemerintah suatu Negara dapat mengambil keputusan yang tepat untuk perekonomian negaranya.

Mahasiswa prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis sangat antusias sekali mengikuti studium general ini. Menurut mereka, dengan studium general ini memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas lagi mengenai Akuntan. Mereka jadi lebih memahami arti penting mereka mempelajari audit di bangku perkuliahan. Mahasiswapun bersemangat bertanya kepada Narasumber. Pertanyaan tidak hanya terbatas pada tema yang dibahas, manfaat audit untuk pengambilan keputusan, namun juga meluas pada bagaimana peluang karir mereka nanti sebagai auditor.
Studium generale berlangsung sangat menarik yang dihadiri secara Via Zoom lebih dari 310 peserta Banyak pertanyaan dari peserta antara lain dari Mahasiswa dan Dosen prodi Akuntansi FEB Unwar.

Ketua Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis berencana akan mengadakan studium general di lain waktu dengan mengangkat tema lain di bidang Akuntansi yang lebih menarik lagi.